Umum

Begini Pemahaman Klausul ISO 27001, Yuk Simak Selangkapnya!

ISO 27001 adalah sistem manajemen keamanan informasi yang diperuntukan pada data suatu perusahaan. ISO 27001 berfokus pada proses bisnis, aset bisnis, dan pengurangan risiko terhadap informasi yang bernilai tinggi. Perusahaan harus memenuhi persyaratan pada beberapa klausul ISO 27001 mencakup klausul 4 โ€“ 10. Simak penjelasan berikut!

Pemahaman Klausul Pada ISO 27001

  1. Klausul 4

Pada klausul 4, perusahaan harus dapat memahami organisasi beserta konteksnya dan kebutuhan serta harapan dari pihak yang berkepentingan. Perusahaan juga harus menentukan ruang lingkup sistem manajemen keamanan informasi. Standar ISO 27001 melibatkan peraturan mengenai ruang lingkup sistem manajemen keamanan informasi.

Hal tersebut akan memberi informasi kepada pemangku kepentingan, termasuk manajemen senior, staf, auditor, dan pelanggan. Perusahaan harus cepat dan sederhana dalam menggambarkan ruang lingkup kepada auditor. Selain itu, perusahaan harus tetap memelihara dan melakukan peningkatan pada sistem manajemen keamanan informasi.

  1. Klausul 5

Klausul ini mengidentifikasikan beberapa aspek spesifik dari sistem manajemen yang diharapkan dapat menunjukkan kepemimpinan dan komitmen. Manajemen puncak juga harus menetapkan kebijakan keamanan informasi. Selain itu, harus memastikan bahwa peran, tanggung jawab, dan wewenang yang jelas untuk sistem manajemen keamanan informasi.

  1. Klausul 6

Klausul 6 memberikan persyaratan tentang perencanaan, khususnya pada tindakan untuk mengatasi risiko dan peluang. Perusahaan harus memiliki tujuan dan perencanaan keamanan informasi untuk mencapai tujuan tersebut. Materi pembangun kasus bisnis merupakan sebuah bantuan yang berguna bagi perusahaan untuk hasil yang lebih baik.

  1. Klausul 7

Pada ISO 27001, klausul 7 membahas sumberdaya, kompetensi, kesadaran, dan komunikasi. Persyaratannya yaitu menyediakan tingkat sumber daya yang memadai. Perusahaan harus menentukan kompetensi staf yang melakukan pekerjaan pada keamanan informasi. Serta mengkonfirmasi bahwa orang tersebut dapat memahami kebijakan keamanan informasi.

Selain itu, salah satu syarat utama ISO 27001 yaitu untuk menggambarkan sistem manajemen keamanan informasi yang nantinya dapat menunjukkan hasil yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan. Dengan adanya standar tersebut dapat mengetahui pentingnya dokumentasi untuk sistem manajemen untuk suatu perusahaan.

  1. Klausul 8

Klausul 8 merupakan salah satu klausul ISO 27001 yang dapat diselesaikan secara otomatis. Dengan adanya pembuktian dari perusahaan terkait pekerjaan manajemen keamanan infromasi sesuai dengan persyaratan yang ada. Perusahaan harus menerapkan rencana perlakuan dan penilaian risiko keamanan informasi pada interval yang direncanakan.

  1. Klausul 9

Pada klausul 9, perusahaan diharuskan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja sistem manajemen keamanan informasi. Perusahaan perlu melakukan audit internal pada interval yang telah direncanakan. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan informasi terkait apakah sistem manajemen keamanan informasi sesuai dengan persyaratan perusahaan.

Selain itu, manajemen senior memiliki tanggung jawab untuk melakukan tinjauan manajemen untuk ISO 27001. Tinjauan manajemen harus direncanakan terlebih dahulu dan sering memastikan bahwa sistem manajemen keamanan informasi tetap efektif dan dapat mencapai tujuan bisnis.

  1. Klausul 10

Klausul ini berisi tentang tindakan koreksi yang akan diambil perusahaan untuk mengatasi ketidaksesuaian yang berorientasi pada keamanan informasi. Perusahaan harus melakukan peningkatan berkelanjutan. Dimana perusahaan yang menganggap serius perbaikan akan dapat menilai, menguji, serta mengukur kinerja sistem manajemen keamanan informasi.

Itulah pemahaman terkait klausul pada ISO 27001. Pada umumnya, ISO 27001 berisi panduan tentang sistem keamanan informasi yang meliputi kebijakan, prosedur, atau kontrol lainnya. Dengan penerapan standar tersebut, diharapkan suatu perusahaan dapat mengelola dan mengendalikan risiko keamanan data.

 

Comments Off on Begini Pemahaman Klausul ISO 27001, Yuk Simak Selangkapnya!